Blazer-Jaket-Korea
Beberapa Istilah dalam Dunia Fashion
Belakangan ini dunia fashion semakin berkembang di tanah air. Semakin banyak peragaan-peragaan busana, para designer lokal yang bermunculan, hingga semakin banyak masyarakat yang ‘sadar’ berbusana. Oleh karena itulah, istilah fashion berikut ini wajib diketahui terutama bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta fashion!
Haute Couture
Haute couture adalah istilah untuk high dress making. Kata ini dipakai untuk lini custom made yang khusus dibuat oleh para desainer untuk klien mereka. Busana haute couture hanya akan dibuat berdasarkan pesanan dan sesuai dengan ukuran klien pemesan saja. Intinya, haute couture ini sangatlah mewah, eksklusif dan mahal karena hanya one of a kind! Biasanya istilah ini sering terdengar di peragaan-peragaan busana kelas dunia. Di Paris sendiri telah didirikan suatu organisasi Chambre Syndicale de la Haute Couture yang khusus menentukan desainer mana yang berhak melakukan show couture dengan beragam syarat-syarat yang telah ditentukan. Beberapa syarat aturan itu antara lain :

  • Rumah mode atau desainer tersebut memiliki servis customade untuk klien. Selain itu mereka harus memastikan fitting (ukuran busana harus pas) dan desainnya memang original atau one of a kind.
  • Harus memiliki atelier atau workshop di Paris dan mempekerjakan minimal 15 orang warga lokal secara full time
  • Dalam setahun, desainer harus membuat setidaknya dua show untuk para awak media di Paris
  • Koleksi mereka harus berjumlah lebih kurang 35 pieces untuk day time wear atau evening wear.

Pret-a-Porter
Pret-a-porter atau net-a-porter dalam bahasa Perancis berarti busana yang siap pakai (ready to wear). Kebalikan dari haute couture, istilah ini digunakan untuk menjelaskan koleksi suatu label yang diproduksi secara massal. Biasanya label memproduksi dalam standart clothing size (s,m,l) dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di toko-toko.

Fashion Faux Pas
Faux pas dalam bahasa Perancis berarti pelanggaran yang dilakukan melawan norma-norma sosial yang ada. Misalnya, melanggar aturan, kebiasaan atau etiket yang ada. Sedangkan fashion faux pas terkait dengan kesalahan atau pelanggaran yang terjadi dalam dunia fashion. Misalnya, salah kostum, terjebak pada situasi di mana kostum tidak sesuai dress code. Istilah ini mulai terkenal sejak zaman Raja Louis XIV yang mengusir setiap tamu yang salah dandan saat hadir ke pesta dansanya.

Glitterati
Glitterati adalah sebutan bagi mereka para barisan terdepan di red carpet, fashion show ataupun menghiasi halaman majalah fashion atau gossip. Grup ini biasanya terdiri dari para selebriti, socialite, fashion editor, fashionista dan mereka semua selalu terlihat tampil glamourous, fashionable dan selalu membuat iri setiap orang yang melihatnya.  

Beberapa Istilah dalam Dunia Fashion

Source : lovelytoday.com

Leave a Reply


  • CUSTOMER SERVICE

    E-Mail : radenagus.com@gmail.com
    HP : 087838292595
    PIN BB : 276C6BA4
    LINE :087838292595
    WhatsApp : 087838292595
    YM : radenagus2000@yahoo.com

  • CHAT US