Blazer-Jaket-Korea-SK-09

Korelasi Jeans Dengan Kanker Paru

 

 

Semakin banyak industri mode melarang penggunaan kain denim atau jins yang diproduksi dengan sandblasting. Mereka agaknya sadar keindahan kain yang tercipta telah menggadaikan nyawa para pekerja.

Sandblasting merupakan teknik menembakkan pasir bertekanan tinggi untuk menciptakan kesan usang atau belel pada jins. Teknik ini populer sejak tahun 1990an karena mampu menghasilkan efek yang sangat alami.

Namun beberapa tahun belakang, teknik tersebut hujan kecaman. Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan antara proses manual yang dilakukan dan risiko tinggi penyakit paru-paru akut pada pekerja.

Dalam prosesnya, sandblasting akan menghasilkan debu silika yang tak kasat mata. Mengirup debu silika dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan penyakit paru–paru fatal yang mematikan, seperti kanker paru-paru dan silikosis. Teknik itu bahkan dituding telah membunuh banyak perkerja industri kain di sejumlah negara seperti Turki dan Bangladesh.

Di tengah tekanan kelompok aktivis HAM dan lingkungan, sejumlah industri mode telah menyanggupi untuk tak lagi menggunakan produk sandblasting dalam koleksinya. Mereka membatalkan semua kontrak dengan perusahaan garmen yang memakai teknik sandblasting.

Beberapa brand terkenal telah menyatakan komitmennya untuk berhenti memasarkan produk fashion bermaterial jins sandblasting. Memahami risiko kesehatan bagi pekerja, mereka mulai beralih menggunakan teknik penggesekan alat tertentu dengan tangan ke kain. Meski membutuhkan proses lebih lama, tapi teknik ini dianggap lebih aman terhadap pekerja.

 

Korelasi Jeans Dengan Kanker Paru

Source : viva.co.id

Leave a Reply


  • CUSTOMER SERVICE

    E-Mail : radenagus.com@gmail.com
    HP : 087838292595
    PIN BB : 276C6BA4
    LINE :087838292595
    WhatsApp : 087838292595
    YM : radenagus2000@yahoo.com

  • CHAT US