V-Neck-Takiya-Genji-Skull

Merawat Pakaian Berbahan Katun

 

Untuk Indonesia yang mempunyai iklim tropis, bahan katun memang menjadi pilihan yang sesuai. Ringan dan breathable membuat pakaian berbahan katun enak dipakai. Jangan salah, bahan ini juga perlu ekstra perhatian dari Anda. Jika sedikit saja Anda salah merawatnya, bisa-bisa baju berbahan katun Anda tidak akan berumur lama. Tidak ingin hal ini terjadi bukan? Berikut beberapa tips untuk Anda. Mudah, praktis dan pasti bisa Anda lakukan :

1. Waktu yang tepat

Tips pertama adalah Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian dengan bahan katun ini. Jika saja Anda salah dalam menggunakannya, bersiaplah untuk cepat-cepat mempensiunkan pakaian Anda tersebut.

Karena katun adalah bahan yang ringan dan menyerap angin, waktu yang tepat adalah saat musim kemarau, dimana matahari bersinar dengan cerahnya dan angin berhembus sejuk. Musim kemarau memang waktu yang paling sempurna untuk Anda memakai pakaian berbahan katun. Pemakaian pada musim hujan akan merusak kain dan membuat warna menjadi pudar.

2. Perhatikan garis jahitan

Jahitan pada kain katun biasanya akan menjadi hal yang paling mengkhawatirkan. Mulai dari atas hingga bawah, tentu pakaian berbahan katun dijahit dengan sedemikian rupa sehingga menarik. Namun, bukan berarti Anda harus ‘percaya’ begitu saja bukan dengan jahitan tersebut?

Anda bisa pergi ke tukang jahit untuk memberikan jahitan double pada pakaian Anda. Anda juga mungkin perlu meminta khusus penjahit Anda untuk memberikan embriodery, trik ini tidak akan pernah bisa berlaku untuk kain seperti sutra dan satin. Dua hal tersebut bisa Anda lakukan demi mencegah sobeknya jahitan dari pakaian Anda. Segera ke tukang jahit langganan Anda.

3. Noda

Karena seringnya dipakai pada musim kemarau, pasti katun tidak akan lepas dari yang namanya keringat dan bekas deodoran. Yang sering terjadi adalah adaya bekas noda pada bagian ketiak dan lengan. Pemakaian parfum yang berlebihan juga akan meninggalkan noda pada pakaian dengan bahan katun.

Nah, jika ini sering terjadi pada Anda, segera cuci pakaian dengan merendamnya terlebih dahulu dengan deterjen. Anda juga bisa membersihkannya dengan cara-cara lain untuk bagian-bagian tertentu terlebih dahulu sebelum membersihkannya secara keseluruhan. Kemudian, kucek pada bagian tertentu tersebut hingga tidak lagi berbekas.

4. Teknik Mencuci

Nah, untuk yang satu ini memang harus Anda sendiri yang melakukannya. Jika selama ini Anda mengandalkan mesin cuci, untuk kali ini Anda harus mencucinya dengan tangan. Yup, hand-wash atau mencuci dengan tangan akan memberikan umur panjang pada pakaian katun Anda. Karena berserat alami, katun mungkin akan menyusut ketika Anda cuci. Jadi, jangan cemas ya.

Kalaupun Anda memang harus menggunakan mesin cuci, pisahkan katun yang ‘ringan’ dengan yang ‘berat’. Jangan lupa pula untuk selalu membalik pakaian Anda. Ini harus dilakukan guna menghindari pudarnya warna pakaian Anda. Ingin yang lebih ekstrim? Mungkin Anda bisa menjadikan semua pakaian katun Anda menjadi satu ketika mencuci. Ini tentu akan membuat pakaian lebih mudah untuk dicuci.

5. Penyimpanan

Jika sudah melewati fase pencucian dan penjemuran yang benar, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyimpannya dengan benar dan rapi. Setrika dengan temperatur hangat, bukan panas. Ini akan menghilangkan kusut pada pakaian setelah dicuci namun juga tidak merusak serat kain.

Kemudian, Anda bisa menyimpannya di ruangan atau lemari yang kering sejuk atau bersuhu ruangan. Jangan lupa untuk menghindarkan pakaian dari suhu lembab dan sinar matahari langsung.

Merawat Pakaian Berbahan Katun

Source : vemale.com

Leave a Reply


  • CUSTOMER SERVICE

    E-Mail : radenagus.com@gmail.com
    HP : 087838292595
    PIN BB : 276C6BA4
    LINE :087838292595
    WhatsApp : 087838292595
    YM : radenagus2000@yahoo.com

  • CHAT US