Blazer-Jaket-Korea-SK-17

Persiapan Winter di Negara Sub-tropis

Musim dingin di negara-negara sub-tropis sangat berbeda dengan musim dingin di negara tropis, seperti di Indonesia. Disana, selain temperatur yang bisa turun di bawah 0 derajat Celcius dan bersalju, udara juga sangat kering sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal luar biasa di kulit.Jangan sampai kita nanti salah kostum. Disaat temperatur sangat ekstrim di bawah 0 derajat, kita pakai pakaian yang tidak cukup hangat atau disaat temperatur tidak terlalu dingin, kita malah pakai pakaian seperti di kutub. Berikut adalah barang-barang utama yang perlu dipersiapkan sebelum bepergian ke negara-negara sub-tropis disaat winter :

Long John atau thermal underwear

Ini adalah pakaian lapis pertama yang kita gunakan setelah pakaian dalam kita. Berupa baju dan celana panjang yang tipis tapi hangat. Ukurannya harus pas di badan untuk menghindari adanya aliran udara diantara kulit dan pakaian tersebut. Saya sarankan untuk mendapatkan pakaian ini sebelum kita berangkat ke daerah yang bersalju. Kalau kita mencari di negara tujuan, mungkin akan lebih sulit. Selain sulit menemukan ukuran yang pas untuk orang asia seperti kita, tidak semua negara mengenal istilah Long John, terutama mereka yang mother language-nya bukan bahasa inggris.

Winter Jacket

Terdapat beberapa macam jaket yang bisa kita gunakan di musim dingin di luar sana. Hal ini disesuaikan dengan temperatur di tempat yang akan kita kunjungi. Apabila temperatur cukup ekstrim sampai di bawah –15 derajat Celcius, mungkin beberapa orang akan merekomendasikan untuk memakai jaket yang cukup tebal dan dilengkapi dengan bulu angsa. Tapi saya rasa, kita juga bisa menggunakan jaket yang biasa kita gunakan untuk naik gunung yang juga dilengkapi dengan fleece atau polar jacket. Apalagi kalau kita juga sudah menggunakan Long John dan pakaian biasa di dalamnya.

Syal, sarung tangan, kaos kaki tebal dan penutup daun telinga

Tangan, kaki, daun telinga dan leher merupakan bagian yang sangat sensitif terhadap udara dingin. Apabila tidak dilindungi dengan baik, maka kita akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian-bagian tersebut. Oleh karena itu barang-barang ini perlu disiapkan dari awal. Dan pastikan mereka tidak longgar ketika dikenakan. Untuk kaos kaki, saya sarankan untuk menggunakan yang agak tebal yang terbuat dari wol. Dan kalau bisa, bawa cadangan. Karena kalau kaos kaki kita basah terkena salju yang mencair, maka hal ini dapat memperburuk keadaan. Untuk menghindarinya pakailah celana jeans panjang sampai menutupi lubang sepatu kita. Celana jeans juga terbukti dapat menahan angin dan udara dingin lebih baik daripada celana bahan biasa.

Sepatu 

Untuk menghindari salju yang masuk ke dalam sepatu, gunakanlah sepatu yang alasnya agak tinggi dan minimal menutupi mata kaki. Sepatu gunung sangat cocok digunakan di tempat bersalju. Pastikan mereka tidak tembus air.

Pelembab kulit dan bibir

Siapa yang sangka sebelumnya bahwa udara yang sangat kering ternyata dapat membuat kulit kita juga kering dan gatal, terutama di bagian paha dan kaki. Cukup kering sampai-sampai bisa membuat roti yang kita beli di supermarket bisa mengeras sekeras batu bila dibiarkan di udara terbuka hanya dalam waktu beberapa hari saja. Oleh karena itu, setiap paginya dulu saya harus menggunakan pelembab di seluruh kaki dan tangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab bibir atau lip balm agar nanti tidak pecah-pecah.

Obat-obatan

Selain obat-obatan pribadi, bawalah obat-obatan yang juga bisa menghangatkan tubuh dari dalam. Tidak ada salahnya untuk membawa minuman obat masuk angin, minyak angin dan minuman serbuk jahe hangat dalam perjalanan kita.

Persiapan Winter di Negara Sub-tropis

Source : forthebetterfuture.wordpress.com

Leave a Reply


  • CUSTOMER SERVICE

    E-Mail : radenagus.com@gmail.com
    HP : 087838292595
    PIN BB : 276C6BA4
    LINE :087838292595
    WhatsApp : 087838292595
    YM : radenagus2000@yahoo.com

  • CHAT US