Blazer-Jaket-Korea

Tips Mengepak Barang Saat Travelling

 

Rencana perjalanan sudah tersusun rapi, semua beres termasuk tiket, akomodasi dan transportasi. Nah berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah cara kita mengepak barang. Mengepak seringkas mungkin akan mempermudah perjalanan Anda, koper atau ransel dapat Anda bawa ke kabin pesawat sehingga hemat waktu, tak perlu antre saat ambil bagasi, tidak perlu bantuan porter dan transportasi menjadi lebih mudah.

Ikuti saja beberapa langkah mudah berikut ini :

  • Buatlah daftar barang yang perlu dibawa. Sebaiknya daftar barang disesuaikan dengan tujuan perjalanan Anda supaya lebih efektif dan efisien. Lantas, klasifikasikan barang-barang sesuai jenisnya. Misalnya, pakaian, makanan, obat-obatan, kosmetik, perlengkapan mandi dan lain.
  • Sebelum memasukkan ke koper, letakkan barang-barang Anda di sofa atau tempat tidur. Hal itu akan memudahkan Anda menyeleksi apakah Anda membawa cukup pakaian dan perlengkapan lainnya, atau malah berlebihan. Letakkan barang-barang Anda yang terberat di bagian koper atau ransel paling bawah, misalnya sepatu kets, sepatu kulit, tas alat mandi, atau peralatan elektronik. Pakaian yang berbahan denim pun sebaiknya diletakkan di bagian paling bawah.
  • Jika semua pakaian yang akan dibawa baru keluar dari laundry, jangan buka plastiknya, langsung lipat, untuk mengurangi lipatan dan kerutan yang akan terjadi. Gaun juga sebaiknya dimasukkan ke plastik laundry, kemudian lipat di bagian pinggang. Jika membawa lebih dari satu gaun, tumpuk dahulu, baru dilipat sekaligus.
  • Balik jas atau blazer Anda menjadi bagian dalam di luar, lantas lipat menjadi seperempat. Bahan rajutan sebaiknya digulung daripada dilipat agar tidak kusut dan tidak memakan tempat. Bahan katun, pakaian dalam, kaus kaki dan dasi sebaiknya juga digulung. Setelah digulung, kaus kaki dan pakaian dalam bisa dimasukkan ke sepatu agar bentuk sepatu tetap prima dan menghemat tempat.
  • Jika Anda pergi dengan membawa ransel, metode gulung adalah yang terbaik. Letakkan kaus lengan panjang mendatar, ratakan dengan tangan, lengan kiri dan kanan kaus disilang di atasnya, lipat dengan arah separuh vertikal, kemudian gulung mulai dari bawah ke atas. Tetapi jika membawa koper, gunakan metode saling mengunci (tumpuk dua potong pakaian secara merata, kemudian lipat yang satu ke dalam yang lain sehingga saling melindungi supaya tidak lecek). Letakkan tisu di antara lapisan pakaian untuk membantu mencegah pakaian jadi kusut.
  • Simpan sepatu, peralatan mandi, alat make-up dan lainnya dalam kantong plastik yang bisa ditutup (zip lock) agar tidak mengotori pakaian. Peralatan mandi dan kosmetik juga sebaiknya dituangkan ke wadah atau botol kecil dahulu. Namun jangan mengisi botol sampai penuh karena tekanan udara dalam kabin pesawat dapat menyebabkan isi botol jadi kepenuhan dan luber.

 

 

Tips Mengepak Barang Saat Travelling

Source : readersdigest.co.id

Leave a Reply


  • CUSTOMER SERVICE

    E-Mail : radenagus.com@gmail.com
    HP : 087838292595
    PIN BB : 276C6BA4
    LINE :087838292595
    WhatsApp : 087838292595
    YM : radenagus2000@yahoo.com

  • CHAT US